Tentang Kami

Yayasan Kebaktian Proklamasi (YKP) Provinsi Bali

Yayasan Kebaktian Proklamasi (YKP) Provinsi Bali yang didirikan pada tanggal 3 Oktober 1951, memiliki komitmen yang kuat untuk menanamkan rasa nasionalisme dan patriotisme kepada generasi muda dalam menjaga dan memelihara NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Terlebih di era globalisasi ini, peran Pancasila tentulah sangat penting untuk tetap menjaga eksistensi kepribadian bangsa Indonesia, karena dengan adanya globalisasi batasan-batasan di antara negara seakan tak terlihat, sehingga berbagai kebudayaan asing dapat masuk dengan mudah ke masyarakat serta memberikan dampak positif dan negatif.

Ketua Pengurus YKP Bali, I Gusti Ngurah Gede Yudana saat ditemui belum lama ini mengatakan, generasi muda sebagai pilar bangsa diharapkan memiliki jiwa patriotisme dan nasionalisme dengan tetap bertahan pada nilai-nilai budaya bangsa Indonesia, meskipun banyak budaya asing masuk di negara Indonesia. Dengan berlandaskan Pancasila diharapkan pengaruh budaya asing bisa disaring, sehingga generasi muda bisa menjadi generasi yang benar-benar cinta pada tanah air Indonesia apapun keadaannya.

Ia menegaskan, pada awal didirikannya YKP Provinsi Bali, kegiatannya lebih banyak fokus pada memelihara anak yatim piatu para korban revolusi, memberikan pensiunan kepada para janda pahlawan korban revolusi, mengurus para pemuda gerilya yang baru turun gunung serta masalah-masalah lainnya.

Ia menambahkan, seiring dengan berjalannya waktu, anak-anak yatim piatu korban revolusi tersebut, anak-anak yatim piatu korban revolusi tersebut saat ini hanya beberapa yang sudah sukses, namun masih ada juga yang kehidupannya kurang baik. Sementara para janda yang terdaftar telah memperoleh pensiun, lalu para veteran pun juga telah mendapatkan tunjangan dari pemerintah.

Terkait dengan hal itu, kata I Gusti Ngurah Gede Yudana, pengurus YKP Provinsi Bali saat ini lebih banyak menitikberatkan pada program kegiatan di bidang pendidikan yang dapat menyentuh masyarakat kurang mampu sesuai dengan cita-cita para pahlawan. “Pada masa perjuangan, para pahlawan kita banyak dibantu oleh masyarakat terutama masyarakat kurang mampu. Berdasarkan hal tersebut, kami mendirikan SMK Teknologi Wira Bhakti Denpasar dan STISPOL Wira Bhakti Denpasar dengan biaya pendidikan yang terjangkau,” katanya.

Ia mengharapkan, hal itu dapat mendukung visi dan misi pemerintah sesuai dengan tujuan didirikannya YKP Bali waktu itu, yaitu untuk membentuk sumber daya manusia yang unggul dan tetap berwawasan Pancasila dan UUD 1945.

Menurut I Gusti Ngurah Gede Yudana, dalam menggelorakan semangat perjuangan, YKP Bali melakukan kegiatan seperti memelihara dan mengembangkan Taman Pujaan Bangsa (TPB) Margarana di Desa Marga, Kabupaten Tabanan, kemudian bersama PPM Provinsi Bali mengenang perjalanan dari pejuang pahlawan nasional I Gusti Ngurah Rai dengan mengadakan napak tilas yang sudah rutin dilaksanakan pada setiap pekan pahlawan kemerdekaan di Bali yang digelar mulai tanggal 10 November (Hari Pahlawan) sampai dengan 20 November (Hari Puputan Margarana).

Di samping itu, juga memperingati 4 titik perjuangan pahlawan di Bali yang mencakup memperingati pendaratan rombongan ekspedisi lintas laut Pahlawan I Gusti Ngurah Rai di Yeh Kuning, Kabupaten Jembrana pada tanggal 5 April, memperingati hari lahir MBO DPRI Sunda Kecil di Br. Munduk Malang, Desa Dalang, Kabupaten Tabanan pada tanggal 16 April, memperingati Pertempuran Tanah Aron di Karangasem pada tanggal 7 Juli dan memperingati Hari Puputan Margarana di Taman Pujaan Bangsa Margarana pada tanggal 20 November.

YKP Bali, kata I Gusti Ngurah Gede Yudana, juga membina tim komunikator JSN 1945 yang bertugas untuk menyosialisasikan jiwa, semangat, dan nilai-nilai 1945, memperbanyak gedung dan kelas, penataan lingkungan serta meningkatkan sarana dan prasarana khususnya untuk SMK Teknologi Wira Bhakti dan STISPOL Wira Bhakti Denpasar.

Struktur Organisasi
YKP Provinsi Bali

Susunan Pembina, Pengurus & PengawasYayasan Kebaktian Proklamasi (YKP) Provinsi Bali Masa Bakti 2017-2022

Struktur Organisasi Media Online Suara YKP Provinsi Bali